Kesehatan

PTTD DINAS KESEHATAN NIAS SELATAN BEKERJA TANPA GAJI

AKSI DAMAI PTTD NISEL TUNTUT GAJI 9 BULAN

Redaksi | Kamis, 20 Oktober 2016 - 20:13:48 WIB | dibaca: 1123 pembaca

Foto Ketua DPRD dan Para PTTD

Nias Selatan, Globalnias.com

Puluhan Pegawai Tidak Tetap Daerah (PTTD) Kabupaten Nias Selatan, melakukan aksi damai di kantor DPRD Nias Selatan dan kantor Bupati Nias Selatan, Kamis, 20 Oktober 2016. Aksi damai itu bertujuan untuk mempertanyakan kepastian realisasi gaji selama 9 (Sembilan) bulan, mulai bulan Januari sampai bulan September 2016.

Konfirmasi media online globalnias.com kepada pimpinan aksi, bertempat di halaman kantor DPRD Nias Selatan, Rumusan Laia mengatakan, kami melakukan aksi damai ini untuk mempertanyakan kepastian gaji para PTTD yang ditugaskan di rumah sakit daerah, puskesmas dan pustu di willayah kabupaten Nias Selatan yang nota bene berjumlah berkisar 800 orang.

Rumusan Laia yang juga sebagai PTTD di puskesmas kecamatan Toma, dia menjelaskan, kami sebagai tenaga kesehatan selama Sembilan bulan tidak pernah menerima gaji, sementara kami sebagai pelayan kesehatan masyarakat tidak pernah mengenal lelah melaksanakan tugas.

Rumusan Laia memaparkan, kami sangat heran, mengapa kami dari tenaga kesehatan belum diberi gaji, sementara para honorer lainnya seperti Guru Bantu Daerah (GBD) di wilayah Nias Selatan telah menerima gaji setelah Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di aula kantor DPRD tanggal 22 Juli 2016 yang lalu.

Ditanya legalitas para PTTD tersebut, Rumusan menjawab, saya dan kawan-kawan lainnya telah diberi Surat Perintah Tugas (SPT) yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Nias Selatan, termasuk SK Bupati telah ada, ungkapnya.

Nara sumber lainnya yang dikonfirmasi oleh media online globalnias.com, sejumlah PTTD yang tidak mau disebut namanya mengatakan, selain gaji yang Sembilan bulan itu, juga masih ada sisa gaji yang belum terbayarkan pada tahun 2015 yang lalu.

Selanjutnya, mereka yang tidak mau disebutkan namanya itu, menyebutkan bahwa aksi damai ini dilakukan juga karena gelisah akibat informasi yang beredar terkait penolakan Ranperda Keuangan Daerah 2015 di DPRD Nias Selatan, dimana dengan penolakan Ranperda tersebut bisa saja berpengaruh dan berimbas tidak terbayarnya gaji PTTD.

Jawaban  DPRD Nias Selatan, DPRD  telah membuat satu kesimpulan melalui hasil RDPU dan tembusannya diserahkan langsung kepada Rumusan Laia sebagai pimpinan aksi.

Sebelum penyerahan surat tersebut, Ketua DPRD Nias Selatan didampingi Wakil Ketua DPRD Yohana Duha, langsung membacakan isi surat itu didepan para PTTD.

Inti surat itu yakni agar Kepala Dinas Kesehatan memfasilitasi pembayaran 7 (bulan) gaji PTTD dari Januari sampai bulan Juli 2016, setidak-tidaknya dapat dianggarkan pada APBD tahun 2017. Mendengarkan pernyataan ini para PTTD tidak menerima, sehingga Ketua DPRD menjelaskan, kita kan...kehabisan anggaran pada tahun 2016 ini.

Diselah pembacaan surat itu, Ketua DPRD Nias Selatan, Sidiadil Harita menyebutkan, tadi telah saya bisikan hal ini kepada Pak Bupati, jawaban pak Bupati mudah-mudahan kita doakan bisa kita bayarkan melalui sisa anggaran tahun 2016, kami akan melakukan pembahasan PAPBD tahun 2016.

Terkait aksi damai PTTD di kantor Bupati Nias Selatan, informasinya  belum diperoleh media online globalnias.com. Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Nias Selatan pada saat dihubungi pada Kamis sore, melalui via handphone selulernya tidak dijawab.

(Globalnias-1)

 











Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)