NIAS SELATAN

DD TAHAP I TA. 2017 SILIMA BANUA MARIT PULAU - PULAU BATU UTARA DIAKUI SUMBER TELAH TERLAKSANA

Redaksi | Senin, 11 Desember 2017 - 00:29:05 WIB | dibaca: 244 pembaca

Foto: Pj. Kades Sima Banua Marit Ketika Memperlihatkan Bukti Pengadaan Mesin Perahu Nelayan Dana Desa Ta. 2017 Tahap I

Nias Selatan, Globalnias.com

Dana Desa Ta. 2017 Untuk Tahap I Desa Silima Banua Marit, Kecamatan Pulau - Pulau Batu Utara, Nias Selatan, Saat ini Telah Terlaksana, Hal ini Sesuai Pengakuan Camat dan Sejumlah Nara Sumber Lainnya.

Menurut Pj. Kepala Desa Silima Banua Marit, Simon Garamba mengatakan bahwa Dana Desa yang telah diterima desa itu pada tahap I tahun anggaran 2017 sebesar Rp. 430 Juta saat ini  realisasi pelaksanaannya telah terbukti dilapangan. Bahkan belum lama ini sebahagian untuk tahapan II telah dilaksanakannya seperti pengadaan perahu nelayan sebanyak 25 unit. Mengenai kekurangan lainnya seperti 40 lagi perahu tersebut dan lain sebagainya akan dilaksanakan dan dilengkapi oleh TPK setelah penerimaan Dana tahap II sesuai APBDES (Anggaran Perbelanjaan Desa).

Dijelaskannya, mesin perahu yang 65 unit tersebut sudah lama dibelanjakan, dan memang belum dibagikannya kepada masyarakat karena sesuai kesepakatan masyarakat, dimana apabila telah lengkap dengan perahunya maka disitulah dilakukan peneyerahannya secara kolektif kepada masyarakat. Selanjutanya, diakuinya bahwa ketika Globalnias.com melakukan pemantauan ke desanya sekitar  3 pekan lalu, kebetulan pada saat itu ada keluarganya yang sakit sehingga beliau dalam keadaan terpaksa tidak bisa berada di desa, ujarnya pada 10 Desember 2017 di Telukdalam.

Melimina Laia sebagai TPK, dia menjelaskan, Dana Desa (DD) tahap I, sesuai uang yang diterima oelh desa telah direalisasikan  belanjanya atau pelaksanaannya berdasarkan yang tetuang pada APBDES. Diaungkapkannya, yang dilaksanakan tersebut yaitu, pengadaan mesin perahu sebanyak 65 unit beserta kelengkapannya. Selain itu, bahan material 15 unit WC telah dilakukan termasuk penyediaan semen, batu dan kerikil, dan masih ada yang lainnya, kami telah melaksanakannya berdasarkan petunjuk pada APBDES, ujarnya.

Ketua BPD, Emanuel Laia melalui handphone selulernya 10 Desember 2017,  dikatakannya, sepengetahuan saya bahwa Dana Desa tahun anggaran 2017 tahap ke - I saat ini telah terlaksana dengan baik dan ini sesuai fakta yang kami lihat di lokasi, namun kalau ada yang mengaku belum dilaksanakan oleh Kepala Desa, itu hanya pengakuan sepihak, tuturnya.

Tokoh adat, Beharlin Lugu melalui handphone seluler, Minggu 10 Desember 2017, dia menjelaskan bahwa jika ada pengakuan dari pihak lain yang mengungkapkan bahwa Pj. Kepala Desa Silima Banua Marit tidak melaksanakannya tentu informasi itu sah – sah saja sebagai masyarakat demokrasi. Namun yang sebenarnya mengenai Dana Desa di Silima Banua Marit, sepengetahuan saya telah terlaksana dengan baik dan transparansi. Salah satu contoh pengadaan mesin robin telah ada di rumah Kepala Desa saat ini termasuk semen, begitu juga bahan material batu dan pasir untuk kebutuhan pembangunan 15 unit WC yang akan diselesaikan pada tahap II juga telah terbukti. Laptop serta perahu nelayan juga telah terbukti, termasuk yang lainnya, boleh dibuktikan langsung di desa, ujarnya. Ditambahkannya, perlu diketahui bahwa terjadinya kesalah fahaman masyarakat karena mesin tersebut masih belum dibagikan dengan alasan menunggu kelengkapan perahu pada tahapan ke II.

Ketua DPC Nasdem Pulau – Pulau Batu Utara, Samebadodo Zidomi pada saat dihubungi Globalnias.com pada Sabtu 09 Desember 2017 melalui handphone selulernya, dia mengatakan, saya sebagai desa tetangga juga tahu persis bahwa Dana Desa di Silima Banua Marit telah terlaksana, saya sering mampir di desa itu, bahkan apa bila kami mau keluar terpaksa lewat di desa Silima Banua Marit.  Masih sempat saya lihat mesin robin ada di rumah Kepala Desa begitu banyak mungkin ada berkisar 60 unit lebih, termasuk perahu nelayan saya lihat langsung di pinggir pantai sebanyak puluhan unit. Saya yakin kalau di desa Silima Banua Marit tidak ada masalah karena Kepala Desanya termasuk orang yang memang mau membangun.

Camat Pulau – Pulau Batu Utara, Sendi Duha mengakui  bahwa Dana Desa tahap I desa Silima Banua Marit saat ini telah terbukti pelaksanaannya sesuai APBDES. Beliau memaparkan, sesuai hasil monitoring Camat belum lama ini di desa Silima Banua Marit, pengadaan mesin robin sebanyak 65 unit telah terbukti termasuk pengadaan perahu nelayan dan lain – lain tidak diuraikannya. Camat mengatakan bahwa sebagai bukti monitoring saya di lapangan telah ada bukti di tangan saya berupa foto dokumentasi, dan dijanjikannya, untuk lebih yakin, foto dokumentasi itu saya akan memperlihatkannya secara langsung kepada media online Globalnias.com, pungkasnya.

(Red)

 











Komentar Via Website : 16
Obat Herbal Tumor Otak
12 Desember 2017 - 15:36:20 WIB
Terima kasih untuk sharing beritanya. Informatif dan menarik untuk di simak :)
| https://lnkd.in/fuxj8M7 | https://lnkd.in/fDVsjMG | https://goo.gl/cQoZt3 |
| https://goo.gl/8TP89i | https://goo.gl/yhkMff | https://goo.gl/7pGxTc |
Obat Sariawan Di Apotik Kimia Farma
13 Desember 2017 - 08:39:13 WIB
Tanpa Efek Samping >>>> http://goo.gl/2qYGB4
Rahasia Walatra Habbaza Yang Jarang Diketahui
13 Desember 2017 - 14:29:31 WIB
Sangat Bermanfaat >>>> http://goo.gl/8ekTYy
Obat Fistula Ani Tanpa Operasi
14 Desember 2017 - 08:49:10 WIB
Terbukti Ilmiah >>>>> http://goo.gl/zV8D9L
Obat Varises Di Apotik Kimia Farma
14 Desember 2017 - 14:47:46 WIB
Sangat Manjur >>>>>>> http://goo.gl/1zubqw
Penyebab Fistula Ani Yang Jarang Di Ketahui
15 Desember 2017 - 07:56:17 WIB
Artikel Bermanfaaat >>>>>> http://goo.gl/SAjWXb
Obat Gatal Selangkakan Di Apotik Kimia Farma
15 Desember 2017 - 12:40:14 WIB
Sangat Bermanfaat Tanpa Efek Samping >>>>> http://goo.gl/VhBqbd
Obat BAB Berdarah Di Apotik Kimia Farma
16 Desember 2017 - 08:48:41 WIB
Sangat Manjur Tanpa Efek Samping >>>> http://goo.gl/28Ur45
Testimoni Kista Bartholin Jelly Gamat QnC
16 Desember 2017 - 11:41:27 WIB
Infonya penuh dengan kreasi dan kreatifitas .... maju terus pantang mundur ! Go !!! https://goo.gl/oLAZaQ
AwalKembali 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)