Ekonomi

DINAS PERTANIAN NISBAR SEDANG MEWUJUDKAN PROGRAM KETAHANAN PANGAN NASIONAL

BENIARO WARUWU | Senin, 08 Mei 2017 - 21:48:11 WIB | dibaca: 182 pembaca

` Nias Barat, Globalnias.com

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nias Barat Ekonomi Daely sedang berupaya semaksimal mungkin  untuk merampung dan mewujudkan program Bupati Nias Barat Faduhusi Daely terutama dibidang pangan.

Saat dikonfiramsi oleh wartawan Globalnias.com di ruang kerjanya terkait  Visi – Misi Bupati Nisbar khususnya bidang pertanian,(Jumat 28/04/2017) Ekonomi Daely mengatakan bahwa pihaknya sedang bekerja keras untuk melakukan penyuluhan di setiap masing - masing desa agar masyarakat petani dapat memahami cara penanaman dan perawatan tanaman yang benar untuk mewujudkan ketahanan pangan Nasional sesuai dengan program Presiden RI.

Berdasarkan dengan program Bupati Nisbar bahwa akan memberikan pupuk gratis kepada masyarakat petani untuk dapat  meningkatkan hasil panen. “Telah di anggarkan dari APBD sekitar Rp 2,551 miliar khusus belanja pupuk dan hal itu diberikan kepada masyarakat berupa hibah dalam bentuk uang tunai dan masyarakat itu sendiri yang membelanjakan pupuknya,” jelas Kadis Pertanian.

 Ekonomi Daely menambahkan bahwa telah dianggarkan juga dari APBD untuk pengadaan benih padi unggul sekitar 400 juta rupiah untuk satu Kabupaten. Luas sawah di Kabupaten Nias Barat mencapai 2531 hektar dan pada tahun ini Dinas Pertanian lebih terarah dalam kegiatan tiga komoditi, Padi sawah, Jagung dan kedelai. Kegiatan untuk padi sawah dan jagung sedang berjalan, dan untuk kedelai masih tahap awal.

berdasarkan hasil pantauan wartawan Globalnias.com di lapangan, bahwa sebagian besar masyarakat mempertanyakan kapan terealisasinya program Bupati Nisbar terkait  pupuk gratis yang sudah di janjikan. Kadis pertanian menjelaskan bahwa hal itu segera terealisasi apabila telah dirampung semua data kelompok tani di seluruh wilayah Kabupaten Nias Barat yang berjumlah 575 kelompok yang sudah terdaftar di Kementerian Pertanian.

Selain program padi, jagung dan kedelai yang akan di kembangkan, Kadis Pertanian mengatakan bahwa pegawai Dinas Pertanian sedang memanfaatkan lahan yang ada di sekitar Kantor Dinas Pertanian untuk kegiatan tanaman Holtikultura yaitu berupa tanaman cabe dan sayur – sayuran. Hal itu diperbuat agar menjadi sebuah contoh dan panutan bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat memahami bahwa ada kesungguh - sungguhan dari pihak Dinas Pertanian untuk memajukan masyarakat petani khususnya di Kabupaten Nias Barat.

Untuk lebih meringankan beban petani dalam mengolah lahan persawahan, Kadis pertaniaan mengatakan bahwa Pemerintah telah memberikan bantuan berupa alat – alat pertanian kepada masyarakat agar masyarakat mendapat kemudahan untuk mengolah lahan persawahan. Masyarakat maupun kelompok yang masih belum mendapatkan peralatan tersebut, Kadis Pertanian mengatakan bahwa pihaknya sedang berupaya agar ada pemerataan.

Selain penyuluh pertanian yang bisa membantu masyarakat baik dalam bentuk praktek ataupun sosialisasi untuk bercocok tanam yang benar, disamping itu pihak Babinmas dari TNI AD turut ambil andil untuk membantu masyarakat demi terwujudnya program Presiden RI mengenai ketahanan pangan Nasional.

(Beniaro Waruwu)

 

   











Komentar Via Website : 3
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)