Hukum

INSPEKTORAT NIAS BARAT TELAH MENGELUARKAN LHP UNTUK BEBERAPA DESA YANG BERMASALAH

BENIARO WARUWU | Jumat, 28 April 2017 - 11:27:08 WIB | dibaca: 401 pembaca

Nias Barat, Globalnias.com

Kepala Inspektorat Kabupaten Nias Barat, Mareko Zebua SH sedang mengupayakan semaksimal mungkin untuk  menyelesaikan setiap laporan masyarakat terkait dugaan penyelewengan dana desa tahun anggaran 2016.

Ada sekitar tiga desa yang bermasalah di Nisbar dalam pelaksanaan dana desa 2016 telah dilaporkan ke Inspektorat dan pihak Inspektorat telah menurunkan tim auditor untuk meninjau lapangan terkait permasalah tersebut.

“Sebenarnya ada tiga desa yang telah keluar LHP (Laporan hasil pemeriksaan) dan hal itu telah kita serahkan kepada Dinas PMD, agar segera mendesak Kepala desa untuk segera mengembalikan uang tersebut ke kas desa, hal itu disampaikan Kepala Inspektorat kepada Wartawan Globalnias.com di ruang kerjanya (Kamis 27/04/2017).

Mareko Zebua mengatakan bahwa ada beberapa Kepala desa yang telah mengembalikan uang tersebut ke kas desa, salah satunya desa Sisobaoho dan yang lainnya sedang dalam proses. Sebagian  masyarakat menyangga atas hasil audit inspektorat terkait penyelewengan dana desa yang menurut masyarakat tersebut tidak adil karna tidak sesuai dengan hasil temuan atau laporan mereka. Hal tersebut ditanggapi oleh Mareko Zebua dan mengatakan, “Itulah dulu hasil temuan kami, dan kalau ada yang merasa tidak puas atau masih ada temuan yang lain silahkan laporkan lagi ke Inspektorat,” jelasnya.

Kepala inspektorat menjelaskan kepada media bahwa mereka kekurangan tim auditor sehingga hal tersebut menjadi sebuah kendala untuk menjalankan tugas. Disisi lain Ia menjelaskan bahwa mereka bukan tim Forensik yang dapat mengukur kualitas sebuah bangunan sehingga memungkinkan tidak dapat memberikan hasil yang memuaskan kepada masyarakat.

“Saya berharap kepada teman – teman Pers dan LSM agar kita sama – sama mengawasi pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Nias Barat ini, karna kita adalah sama – sama pengawas,” tambah Mareko Zebua.

(Beniaro Waruwu)

 











Komentar Via Website : 4
Cara Mengobati TBC Paru
28 April 2017 - 14:28:50 WIB
Terimkasih ,

http://goo.gl/ybUo0D
cara menyembuhkan fistula ani tanpa operasi
29 April 2017 - 15:52:03 WIB
terimakasih atas informasinya
http://bit.ly/2klQoS8
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)