Ekonomi

KADIS PMD NISBAR: DIPERKIRAKAN DANA DESA CAIR BULAN MEI YANG AKAN DATANG

BENIARO WARUWU | Kamis, 27 April 2017 - 14:59:35 WIB | dibaca: 210 pembaca

Nias Barat, Globalnias.com

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa (PMD) Sozisokhi Hia memperkirakan dana desa tahun anggaran 2017 akan cair pada bulan Mei mendatang. Kadis PMD meminta seluruh perangkat desa se-Kabupaten Nias Barat agar sungguh – sungguh bekerja dan segera menyelesaikan segala administrasi. Hal itu disampaikannya kepada Wartawan Globalnias.com di ruang kerjanya (Rabu 26/04/2017).

Jumlah dana desa untuk tahun ini meningkat hingga mencapai 700-800 juta lebih di setiap masing – masing desa. Kepala Dinas PMD menjelaskan bahwa dana yang sebesar itu diarahkan semuanya untuk bangunan fisik, dan untuk operasional telah dianggarkan 10%  dari APBD yang disebut sebagai Alokasi Dana Desa (ADD).

Kadis menjelaskan beberapa kendala yang dihadapi salah satunya SPJ tahun 2016 lalu yang hanya mencapai 80%  yang telah rampung, “Kami akan menyelesaikan SPJ dalam waktu dekat agar pencairan DD pada bulan depan tidak terkendala dan tepat waktu,” jelasnya.

Keterlambatan penyerahan SPJ dari setiap masing – masing desa sebagian besar diakibatkan karna minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa. Kadis mengakui bahwa permasalahan DD tahun lalu cukup merepotkan. Ia berharap agar tahun ini pelaksana DD serius melaksanakan kegiatan baik deri segi bangunan fisik maupun administrasi agar terwujud pembangunan yang menggeliatkan ekonomi masyarakat desa, sesuai harapan Bupati Faduhusi Daely.

(Beniaro Waruwu)

    











Komentar Via Website : 5
titan gel bandung
31 Desember 2017 - 07:20:01 WIB
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)