Nasional

BERHARAP BANTUAN RKB

KONDISI SMPN 5 HURUNA SANGAT MEMPRIHATINKAN, TAK PERNAH TERSENTUH BANGUNAN PEMERINTAH

ASALMAR HALAWA | Jumat, 24 Maret 2017 - 15:30:47 WIB | dibaca: 330 pembaca

Huruna, Nias Selatan (Globalnias.com)
 
SMP Negeri 5 Huruna yang berlokasi di Desa Hilimanawa Kecamatan Huruna Kabupaten Nias Selatan, luput dari perhatian Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Nisel), tak pernah tersentuh bangunan sejak berdirinya sekolah walaupun statusnya sekolah Negeri.
 
Murihama Giawa, A.Ma.Pd, sebagai Plt. Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Huruna, menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan agar memberi perhatian untuk pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana di SMPN 5 Huruna, yang telah berdiri sejak tahun 2014. Ungkap Murihama penuh harap kepada Globalnias.com, di Kantor Darurat SMPN 5 Huruna, Jum’at (24/03/2017)
 
Awal berdirinya sekolah ini pada tahun 2014, masyarakat setempat membangun secara swadaya 1 (satu) rombel gedung darurat sebagai tempat pelaksanaan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), namun karena pada saat itu kekurangan ruangan maka dipergunakan gedung Gereja BNKP Totonafoda Lowalangi dan Balai Desa darurat untuk melaksanakan proses KBM, dan Kantor Guru menumpang pada rumah warga Desa Hilimanawa. Tutur Murihama.
 
Murihama menambahkan, setelah satu tahun berlangsung proses KBM, gedung darurat sudah tidak layak lagi dijadikan tempat KBM, dan belum juga ada sentuhan pembangunan dari Pemerintah, maka saya (Murihama) berupaya untuk membangun gedung darurat kembali dengan keuangan sendiri yang sebagian dibantu dari Dana BOS yang tidak bisa sepenuhnya dialokasikan pada pembangunan. kata Murihama.
 
Lebih lanjut dikatakannya, gedung darurat yang dibangunnya itu dilakukan secara bertahap, dimulai dari Pembangunan 4 RKB darurat, setelah itu dilanjutkan membangun Kantor darurat, kemudian diteruskan dengan MCK darurat, walaupun bangunannya dalam bentuk darurat namun telah menelan biaya mencapai 120 juta, dengan bantuan dana Bos sebesar kurang lebih 20 juta, dan selebihnya adalah uang pribadi sendiri yang sudah menjadi resiko jabatan dan tanggung jawab. Kata Murihama yang merupakan putra daerah sekolah tersebut.
 
RKB yang ditempati itu, sangat miris dilihat, selain ukurannya kecil, berlantai tanah, perabotannya yang sebagian besar rapuh, dan ketika hujan datang, air pun merembes masuk kedalam kelas, melalui atap yang bocor yang terbuat dari daun rumbia, begitu juga disaat panas, terik matahari akan tembus menyengat tubuh para siswa.
 
Meski demikian, para siswa terlihat riang walaupun dibalik itu mereka penuh harap bisa menikmati ruang kelas yang nyaman serta fasilitas yang mencukupi. Masalah ini menjadi keprihatinan para guru disekolah itu, terutama Kepala Sekolahnya (Murihama). Pihak Sekolah sendiri sudah berusaha maksimal, bahkan berulang kali mengajukan proposal ke Dinas Pendidikan agar dapat diberikan bantuan bangunan RKB.
 
Namun permohonan itu, tak satu pun ada yang direspon oleh Pemerintah sampai saat ini. “sudah tiga kali kita ajukan permohonan bantuan untuk pembangunan RKB, namun tak pernah ada bangunan” ucap Murihama.
 
Dalam kesempatan itu Murihama menjelaskan bahwa saat ini siswa di SMPN 5 Huruna berjumlah 136 orang siswa, dan ada 16 orang tenaga guru, yaitu 11 orang Guru Tidak Tetap (GTT), 2 orang Guru Bantu Pusat, Sarjana Mendidik daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T). dan 3 orang Guru Bantu Daerah (GBD). Kata Kepala Sekolah.
 
Hingga berita ini dimuat Pihak Dinas Pendidikan belum dapat dikonfirmasi. (Asalmar Halawa)











Komentar Via Website : 6
Obat Herbal Penyakit Tumor Lambung
25 Maret 2017 - 09:05:05 WIB
Informasi yang sangat menarik dan bisa menambah wawasan http://goo.gl/DoP8AO http://obatherbalpenyakittumorlambung.wordpress.com/
Pengobatan Tradisional penyakit Sinusitis
25 Maret 2017 - 14:15:45 WIB
Informasi yang sangat menarik dan bisa menambah wawasan http://goo.gl/VbFjYy http://penyakitkistaherbal.blogspot.co.id/2017/03/Obat-Tra disional-Sinusitis.html
8 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Melitus
09 April 2017 - 10:50:54 WIB
Semoga usaha selama ini bisa membuahkan ahsil yang baik , Amin..? http://goo.gl/O24CyH | http://goo.gl/sbJo3K | http://goo.gl/PXvO32 | http://goo.gl/d7NK4i | http://goo.gl/CR4ACR
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)