Nasional

TIDAK TRANSPARAN KELOLA DANA DESA, WARGA LAPOR POLISI

MASALAH DANA DESA LUAHA MOFAKHE KEC. HURUNA, TERJAWAB DIHADAPAN KAPOLSEK LOLOWA’U

ASALMAR HALAWA | Kamis, 16 Maret 2017 - 00:14:16 WIB | dibaca: 487 pembaca

Huruna, Nias Selatan (Globalnias.com)
 
Pertemuan puluhan warga Desa Luaha Mofakhe Kecamatan Huruna, Kabupaten Nias Selatan, kembali terulang hari ini Rabu (15/03/2017), bertempat dirumah Pj. Kades Luaha Mofakhe YAKI’ARO GIAWA, Simpang Gereja BNKP Jemaat Soliga Desa Olayama, yang dihadiri beberapa personil Polsek Lolowa’u yang dipimpin langsung Kapolsek Lolowa’u  AKP. FADLUN AL FITRI.
 
Pada pertemuan tersebut SINEHE HALAWA alias Ama Ali warga Desa Luaha Mofakhe, dihadapan Aparat Kepolisian  menuntut pengelola Dana Desa Luaha Mofakhe, agar mengembalikan pemotongan harga material dan upah kerja yang telah dilakukan pengurus desa, yang sudah disetorkan pada pembayaran pajak PPh, melalui Kantor Pos, senilai yang tertera dalam E-Billing.
 
Selain itu, Ketua BPD Luaha Mofakhe SOFULALA HALAWA menyampaikan kekecewaannya terhadap kinerja Pemerintah Desa Luaha Mofakhe, yang sudah beberapa kali menyita waktu masyarakat melakukan musyawarah pada permasalahan dana desa yang tak kunjung selesai hingga hari ini.
 
Sehingga permasalahan tersebut dilaporkan secara tertulis yang ditujukan kepada Camat Huruna (22/02/2017), yang pada intinya melaporkan beberapa hal yaitu : (1) tidak melibatkan BPD pada keputusan setiap pertemuan; (2) tidak Transparan dalam pengelolaan keuangan Dana Desa; (3) Biaya Operasional dan Transportasi BPD belum pernah dicairkan; (4) adanya pemotongan harga batu langsiran dari masyarakat sebesar Rp. 32.000,- /m3, dimana harga per kubik (m3) sebesar Rp. 250.000,- tidak diterima seutuhnya; (5) adanya pemotongan upah pada pasangan batu sebesar Rp. 23.500,- / orang.
 
Camat Huruna LEO FAIGIMANO HALAWA telah berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut dengan melakukan musyawarah jajak pendapat (03/03/2017) di Kantor Camat Huruna, namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan, akhirnya Camat Huruna melaporkan hal ini kepada Bupati Nias Selatan Cq. Inspektorat Nias Selatan, dengan surat nomor : 520/104/2017, tanggal 08 Maret 2017, untuk penanganan selanjutnya pada permasalahan tersebut.
 
Dengan berbagai upaya Kapolsek Lolowa’u AKP. FADLUN AL FITRI yang menilai permasalahan tersebut terjadi karena adanya kesalahpahaman dan mis komunikasi sehingga hal tersebut dapat dimediasi oleh Kapolsek Lolowa’u, yang pada akhirnya Bendahara dana Desa Luaha Mofakhe LEWI HALAWA membayarkan pengembalian potongan-potongan tersebut kepada masyarakat sebesar Rp. 9.519.000,- dan pembayaran tersebut dilakukan berdasarkan surat Kepala Desa Luaha Mofakhe YAKI’ARO GIAWA, Nomor : 140/053/2014/2017, tanggal 04 Maret 2017 tentang perintah mengembalikan potongan tersebut kepada masyarakat.
 
Dengan itu terjawablah salah satu dari beberapa keluhan warga Desa Luaha Mofakhe, sehingga rasa kekecewaan selama ini dapat terobati dengan dilakukan pembayaran tersebut, oleh pengelola Dana Desa Luaha Mofakhe.
 
Namun demikian, ada beberapa lagi item permasalahan yang masih belum terjawab dan waktu juga sudah larut malam, maka Pj. Kepala Desa bersama dengan beberapa Tokoh Masyarakat Desa Luaha Mofakhe menyatakan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan di tingkat Desa permasalahan yang belum sempat terjawab pada pertemuan tersebut. (Asalmar Halawa)
 











Komentar Via Website : 4
salep penghilang panu di apotik
18 Maret 2017 - 07:56:33 WIB
terimakasih atas informasinya
https://goo.gl/Jgtuob
cara menghilangkan bekas cacar yang menghitam
18 Maret 2017 - 08:52:07 WIB
sangat membantu, menarik dan bermanfaat http://bit.ly/2mFdh18
Apakah Benjolan Di Ketiak Itu Berbahaya ?
23 Maret 2017 - 08:02:40 WIB
Semoga dipertemukan dengan orang yang lebih baik lagi dari dia ?http://goo.gl/AIamtc | http://goo.gl/zVTJWy | http://goo.gl/EHd39U | http://goo.gl/7yB4j7 | http://goo.gl/Z6US30
Apakah Orang Bisa Hidup Normal Jika Tidak Memiliki Empedu ?
09 April 2017 - 11:08:27 WIB
Semoga usaha selama ini bisa membuahkan ahsil yang baik , Amin..? http://goo.gl/nDrRga | http://goo.gl/cW3GhQ | http://goo.gl/EqZzMK | http://goo.gl/UBznMU | http://goo.gl/nsXWgS
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)