Ekonomi

POLISI DIMINTA TINDAK PELAKU PUNGLI DENGAN MODUS PERBAIKI JALAN

BENIARO WARUWU | Sabtu, 22 April 2017 - 17:13:19 WIB | dibaca: 185 pembaca

Nias Selatan, Globalnias.com

Pemprovsu lalai memperbaiki jalan Propinsi yang telah rusak parah di daerah Kepulauan Nias, akhirnya masyarakat bernisiatif membuka jalan baru untuk dilalui kendaraan.

Tepat di desa Borowosi, Kecamatan Huruna, Kabupaten Nias Selatan terdapat dua titik jalan Propinsi yang telah rusak parah dan tidak dapat di lalui kendaraan. Masyarakat yang memiliki lahah di sekitar lokasi tersebut berinisiatif untuk membuka jalan baru agar kendaran yang melintas  dapat melewatinya.

Inisiatif pemilik lahan kerap sekali membuat resah pengendara terkait dengan pungutan uang yang terus di lakukaan. Yang membuat pengendara resah ketika  tidak memiliki persiapan  untuk membayar. Beberapa pengendara berinisial AW dan KG Yang berasal dari Kabupaten Nias Barat menuju Telukdalam mengatakan kepada Wartawan Media Globalnias.com, Rabu 19/04/207. “Kami sempat kaget ketika mereka meminta uang pada kami sebesar 100 ribu rupiah untuk kendaraan roda enam, kendaraan roda empat 50 ribu, dan kendaraan roda dua 5 ribu. Padahal kami tidak memiliki pesiapan dari rumah, ujar AW dan KG.

Pungutan liar yang kerap  terjadi di Kepulauan Nias sering sekali luput dari perhatian pemerintah dan penegak hukum. Berbagai modus dilakukan oleh oknum – oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mendapatkan rejeki sesaat.

Kegiatan pungutan liar sering terjadi di lokasi jalan Propinsi yang telah rusak, dengan Modus memperbaiki jalan, dan akhirnya meminta uang kepada pengendara dengan alasan sekedar kesadaran, karena telah mempebaiki jalan yang sudah rusak. Tetapi yang membuat aneh, ketika pengendara tidak memiliki persiapan uang untuk membayar, maka kerap sekali terjadi pemaksaan bahkan berujung pada penganiayaan terhadap pengendara.

Jalan Propinsi telah menjadi masalah utama di Kepulauan Nias, maka sangat diharapkan kepada Pemerintah Propinsi Sumatera Utara agar segera membangun jalan tersebut. Disisi lain masyarakat Kepulauan Nias sangat menaruh harapan terhadap Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias, Pimpinan dan anggota Legislatif se-Kepulauan Nias agar bekerja keras dan bersatu padu untuk menyampaikan aspirasi masyarakat.

Masyarakat juga berharap kepada penegak hukum terutama kepada pihak Kepolisian agar dapat menjalankan Perpres 87 tahun 2016 tentang sapu bersih pungutan liar (SABER PUNGLI). Intruksi Mendagri No 180/3935/SJ tanggl 24 Oktober 2016 tentang pengawasan pungutan liar dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

(Beniaro Waruwu)

 

 

 











Komentar Via Website : 4
Obat Sakit Perut Melilit Pada Orang Dewasa
07 Juli 2017 - 16:04:30 WIB
Semoga apa yang aku harapkan selama ini bisa tercapai ? https://goo.gl/vTQZJi | https://goo.gl/HBZKdR | https://goo.gl/ALcn13 | +https://goo.gl/OpYGxi | https://goo.gl/BCPXbj
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)