Pendidikan

SDN PUNCAK LOLOMATUA MEMBUTUHKAN PERHATIAN PEMERINTAH

BENIARO WARUWU | Selasa, 09 Mei 2017 - 00:49:05 WIB | dibaca: 177 pembaca

Nias Selatan, Globalnias.com

Indri Rosidah salah seorang guru yang ditugaskan di SDN Puncak Lolomatua, Kecamatan Ulunoyo melalui program Sarjana Mendidik Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T).

Wanita berdarah Sunda itu menulis di status Instgram pribadinya beberapa minggu yang lalu terkait kondisi siswa/siswi di sekolah tersebut. Salah satunya  siswa kelas lima bernama Boisman Gori yang selalu membawa adiknya setiap hari  di sekolah dengan alasan bahwa tidak ada yang menjaga di rumah berhubung ayah dan ibunya harus bekerja untuk mencari nafkah.

Penasaran dengan status Indri Rosidah di Instgram hingga akhirnya wartawan Globalnias.com bersama wartawan Metro TV langsung turun ke lokasi untuk mengetahui kebenarannya, (Selasa 02/05/2017).

Selain Boisman yang menjadi pembahasan publik karena setiap hari harus menggendong adiknya ke sekolah, beberapa hal yang dirasa penting dan perlu untuk menjadi bahan perhatian dan pertimbangan pemerintah yaitu mengenai ruang belajar di sekolah tersebut, yang hanya terdiri dari tiga ruangan sementara siswa mencapai 198 orang, sehingga setiap ruangan di gabung dalam beberapa kelas. Selain ruangan yang terdiri dari dinding papan, beratap daun rumbia dan berlantai tanah, sebagian besar guru – guru di sekolah tersebut rata – rata hanya menamatkan pendidikan SMA.

Saat dikonfirmasi kepada kepala sekolah SDN puncak Lolomatua, Tehenasokhi Ndruru, S.Pd terkait kondisi bangunan dan kondisi siswa,  juga guru – guru di sekolah tersebut, Tehenasokhi mengatakan bahwa kondisi bangunan sekolah yang berbentuk darurat itu dibangun atas inisiatif orangtua siswa. Terkait dengan kondisi siswa/siswi SDN Puncak Lolomatua kepala sekolah menjelaskan bahwa hal itu diakibatkan karena faktor ekonomi orangtua siswa yang sangat lemah. Demikian juga dengan guru – guru yang sebagian besar hanya tamatan SMA, terpaksa dimanfaatkan karena di desa tersebut tidak ada yang menamatkan pendidikan Sarjana.

Di lokasi yang sama wartawam Globalnias.com mengkonfirmasi kepada kepala desa Puncak Lolomatua, Sokhinaso Laia terkait perekonomian masyarakat disana. Kepala desa menjelaskan kepada media bahwa sebagian besar yang membuat masyarakat susah diakibatkan karena belum teraksesnya jalan sehingga tidak dapat dilewati kendaraan yang membuat masyarakat kesulitan untuk menjual hasil pertanian.

Kepala desa meminta dan mengharapkan pemerintah agar memperhatikan kesengsaraan masyarakat disana. Dengan terbangun akses jalan hingga dapat membantu masyarakat untuk menjalankan roda perekonomian mereka.

SDN Puncak Lolomatua yang terletak diatas gunung yang paling tinggi di Kepulauan Nias, salah satu gunung yang sangat baik untuk dijadikan tempat wisata yang memiliki ketertarikan tersendiri, hal itu dapat dibuktikan ketika tiba dipuncak gunung tersebut sehingga terlihat sekeliling Kepulauan Nias.

(Beniaro Waruwu)

  

 











Komentar Via Website : 4
cara ampuh menyembuhkan miom tanpa operasi
15 Mei 2017 - 16:01:50 WIB
if you can dream it, you can do it..
http://www.ahlinyamiom.com/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)