Ekonomi

PPL KECAMATAN HILIMEGAI

SOSIALISASI PERTANIAN DI DESA BAWOSALOO DAO-DAO

Bualazatulo Buulolo | Senin, 24 Oktober 2016 - 15:07:21 WIB | dibaca: 353 pembaca

foto pada saat sosialisasi

Nias Selatan, Global Nias.com

Pada Hari MingguTanggal 16 Agustus 2016  PPL Tingkat kecamatan Hilimegai An. SAMUDI GIAWA  Sebagai KEPALA BPPK Dan Yaatulo Ndruru Sebagai Penyuluh pertanian Lapangan.   Dan didampingin Oleh Sekertaris Desa An. Bezatulo Buulolo. Berkunjung Di Desa Bawosalo’o Dao-dao dengan tempat pelaksanaan gedung Gerja Katoli Dao-dao Tuho’owo Kecamatan Hiimegai  Kabupaten Nias selatan Untuk Melakukan sosialisasi  menyampaikkan informasi  Atas Dua kelompok tani yaitu kepada  Kelompok Tani “ Saudara Indah Dan Kelompok Tani Tunas baru,  tentang  

1.       Penyegaran Pengurus  Kelompok Tani “Tunas Baru”

2.       Menyampaikan bahwa benih Tanaman Jagung Pada Kelompok “ SAUDARA INDAH “ sudah dikirim kekelompok saudara indah

3.       Menyampaikan Bahwa Uang Dari dinas Pertanian telah Masuk pada rekening Kelompok” SAUDARA INDAH “ Rp.15.500.000.-( Lima belas ju lima ratus rupiah) Dengan sumber Dana Dari dinas pertanian propinsi.

 

1.       Sesuai dengan penyampaian kepala BPPK kecamatan Hilimegai Bahwa salah  satu kelompok yang ada di Desa  Bawosalo’o Dao-dao yang Pasif  dan sebagian pengurus pergi keluar daerah. sesuai pengakua anggota kelompok  bahwa pengurus kelompok itu  tidak aktif melaksanakan tugas sebagai kepengurusan. Yang selama ini sebagai pengurus kelompok Tunas Baru yaitu, ELIAKI LAIA ( Menjabat sebagai Ketua) POLIUS LAIA

 ( Menjabat sebagai Sekertaris ) ANTONIUS LAIA (Menjabat Sebagai Bendahara). Maka tepat waktu Hari Minggu, Tanggal 16/10/2016. Pukul 16.00. Sore Melakukan penyegaran dengan hasil keputusan sebagai berikut :

 Ketua: ANTONIUS LAIA, Sekertaris: ANDREAS LAIA  dan Bendahara : KAMINUDI NDRURU.

2.       Sesuai dengan penyampaian PPL kecamatan Hilimegai bahwa Benih telah kirimkan di kelompok “ SAUDARA INDAH” Sebanyak 25 bungkus Namun kenyataan didikelompok itu belum direalisasikan kepada anggota kelompok saudara indah dikarenakan seorang sekdes Desa Bawosalo’o Dao-dao Mengelola sendiri. Karena sebagai ketua kelompok tani “ SAUDARA INDAH” Istri sekdes langsung ( Sekdes itu sudah PNS ) namun segala sesuatu  diaturnya sendiri. Maka kami sebagai anggota kelompok merasa rugi atas benih jagung itu dari dinas pertanian. Sebagai sekdes Desa bawosalo’o Dao-dao An. Bezatulo Buulolo Mengatas namakan kelompok tani “SAUDARAINDAH” untuk mengajukan segala sesutau yang timbul dari Dinas Pertanian Nias selatan. Anggota Kelompok saudara Indah memohon kepada Kepala dinas pertanian untuk pertimbangan hal seperti itu.

3.       Sesuai dengan penyampaia PPL Kecamatan An. SAMUDI GIAWA, ( Kepala BPPK) Untuk  Kelompok saudara indah telah masuk uang didalam rekening kelompok saudara indah Rp. 15.500.000.- ( Lima belas juta lima ratus rupiah)  namun belum bisa ditarik mesti ada surat pengantar dari dinas pertanian. Sesuai dengan penyampaianya bahwa uang yang  15.500.000.-  ditransfer kedinas pertanian teluk dalam diarahkan semua untuk pembelanja'an Benih tanaman. Kami melihat bahwa uang sebesar itu mustahil hanya untuk benih semua. Kami menyarankan untuk uang 15.500.000.- agar dilihat sesuai dengan kebutuhan anggota kelompok itu sendiri. sesuai dengan pernyataan anggota kelompok tani saudara indah mengatakan bahwa  kenapa bukan langsung pengurus dan anggota kelompok  yang mengelolanya ? kalau memang dinas pertania yang mengelola uang tersebut kenapa bukan langsung direkening dinas pertanian ? ada apa sebaliknya?

( Bualazatulo Buulolo)











    Komentar Via Website : 3
    AwalKembali 1 LanjutAkhir


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)