Hukum

TAMBATAN PERAHU DESA MAKOLE AGAR DITINJAU KEMBALI, FUNGSINYA AKAN DIRAGUKAN

Redaksi | Kamis, 23 November 2017 - 03:00:32 WIB | dibaca: 229 pembaca

Foto: Pemantauan di lokasi (10/11/2017)

Nias Selatan, Globalnias.com

Pembangunan Tambatan Perahu  di desa Makole, kecamatan Tanah Masa, diduga tidak akan bisa difungsikan sebagai sandaran perahu ketika air laut surut. Penambahan volume panjang ke arah air laut yang lebih dalam lagi, perlu dipertimbangkan kembali agar dapat difungsikan.

Pemantauan media online Globalnias.com di lokasi, Sabtu, 10 November 2017.  Pembangunan atau pengadaan tambatan perahu tersebut bersumber dari  Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2017 Dinas Perhubungan Kabupaten Nias Selatan dengan total pagu dana sebesar Rp. 770.509.999.- (Tujuh Ratus Tujuh Puluh Juta Lima Ratus Sembilan Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Rupiah).

Pada plank informasi proyek yang terpasang di lokasi itu juga tertulis sebagai pihak penyedia jasa (pelaksana) yaitu CV. ANDIKA, dan sebagai Konsultan Supervisi yaitu CV. RIZKI KONSULTANT, pekerjaan dimulai pada 11 Juli 2017 dan  masa penyelesaian pekerjaan pada 07 Desember 2017.

Kondisi pembangunan tambatan perahu  itu terlihat telah dilakukan  pekerjaan pemasangan tiang dan pemasangan lantai dari ujung sebelah darat ke ujung arah laut, namun terkait fungsi bangunan itu dimasa yang akan datang sangat diragukan, masyarakat setempat diprediksi tidak akan mempergunakannya sebagai tempat berlabuhnya perahu milik mereka karena keadan serta situasi lokasi itu diduga tidak memenuhi syarat. Pada pemantauan Globalnias.com terlihat  air laut di sekitar itu sangat dangkal dan batu karang.  

Sejumlah masyarakat setempat termasuk aparat desanya mengungkapkan bahwa pembangunan tambatan perahu itu nantinya tidak akan bisa difungsikan sebagai tempat berlabuhnya perahu disebabkan di lokasi itu air lautnya sangat dangkal dan dipenuhi batu karang bahkan pada saat musim surutnya air laut di lokasi itu, air lautnya kering.

Pada saat dikonfirmasi, masyarakat setempat mengungkapkan bahwa sesuai survei dari pihak terkait sebelumnya, sebenarnya volume panjang tambatan perahu itu dari darat ke arah laut berukuran 107 Meter,  dengan ukuran inilah baru bisa perahu dan kapal bisa bersandar karena air laut di ukuran 107 Meter tersebut  dalam, ujarnya.

Masyarakat setempat mengharapkan perhatian Pemda Nias Selatan kiranya volume panjang tambatan perahu itu dapat ditambahkan ke arah laut berkisar 40 Meter lagi  termasuk ketinggian tiang pada sandaran perahu dikurangi atau disesuaikan dengan ketinggian perahu atau kapal ukuran sedang dengan tujuan agar bangunan itu dapat difungsikan.

HASIL KONFIRMASI DENGAN PPK dan KONSULTAN:

Rabu, 22 November 2017, di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Nias Selatan, Jalan Telukdalam – Lagundri  kilometer 07,  Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) OPTIUS BAWAMENEWI menurutnya bahwa pihak kontraktor pelaksanan telah menarik dana sesuai Progres Pekerjaan  per 17 September 2017 yaitu 69 % dari total  pagu dana.

Optus Bawamenewi  mengatakan, pembangunan tambatan perahu yang berlokasi di desa Makole itu telah diprogramkan pekerjaannya hanya satu kali tahapan sampai penyelesaian (2017 red), dan tidak ada lagi lanjutan pekerjaan pada tahun  berikutnya.

Di tempat yang sama, FINUS MENDROFA yang menurutnya dia sebagai pihak Konsultan Perencanaan dan juga sebagai pihak Konsultan Pengawas menjelaskan bahwa lokasi pembangunan tambatan perahu itu telah disurvei lebih awal pada bulan Juli 2017 turut didampingi oleh pihak Tim Teknis Dinas Perhubungan.

Menurutnya, total panjang tambatan perahu tersebut dari darat ke arah laut dengan ukuran 64 Meter dan setelah di cco bertambah menjadi 66 Meter.

Tinggi tiang rata – rata 4 meter dengan diameter 40 CM, ukuran kedalaman tiang yang ditanam 2 Meter, namun karena faktor sulit pada penggalian sehingga ukuran kedalaman tiang yang ditanam itu dikurangin dari 1 Meter – 1.2 Meter.

Kelebihan pada pengurangan kedalaman tiang tersebut dialihkan pada penambahan volume lantai di ujung arah laut sebanyak dua buah (kiri/kanan) masing – masing ukuran 4 Meter X 2 Meter ditambah dengan 4 batang tiang.

Ukuran besi yang digunakan pada tiang berdiameter 12 Mili Meter (SNI) dan besi untuk lantai  memakai besi 10 Mili Meter (SNI), dan jenis semen yang digunakan adalah jenis semen biasa bukan tipe 4, dan campuaran semen 1, 2 dan 3, dengan memakai manual atau tenaga manusia bukan mesin pengaduk semen, dan air yang digunakan adalah air tawar.

Bahan material pasir diambil di lokasi setempat bukan pasir laut, dan batu pecah juga diambil di sekitar lokasi dan termasuk jenis batu keras.

Menurutnya, lokasi tambatan perahu tersebut telah memenuhi syarat dan ukuran volume panjangnya 66 Meter juga memenuhi syarat, dan itu bisa disandari perahu katanya.

Sedikit terjadi keanehan pada saat konfirmasi kepada FINUS MENDROFA, Dia mengakui bahwa Konsultan Perencanaan dan Pengawasan yakni PT. CIPTA MANGUN MANTRA, SEMENTARA PENGAKUAN PPK OPTIUS BAWAMENEWI  BAHWA KONSULTAN PERENCANAAN DAN PENGAWASAN YAITU CV. RIZKI KONSULTAN. 

(Red) 











Komentar Via Website : 30
Pengobatan Jantung Bengkak
23 November 2017 - 08:07:50 WIB
Berita yang informatif untuk menemani pagi ini. Terima kasih, dan di tunggu berita lainnya :)
https://lnkd.in/f-ZhT8k | https://goo.gl/Je1LvD | https://lnkd.in/fp46WCj | https://lnkd.in/fGZSehH | https://lnkd.in/fzjJJT2 | https://lnkd.in/fTEckbM |
Obat Polip Hidung Di Apotik Kimia Farma
23 November 2017 - 08:46:17 WIB
Terbukti Khasiatnya http://goo.gl/cNMdND
Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi
23 November 2017 - 16:07:40 WIB
Sangat informatif sekali isi beritanya. Bermanfaat dan menambah wawasan ^_^
http://mysp.ac/3xYKd | https://goo.gl/3KwBCg | https://goo.gl/jiLHMU |
Obat Darah Tinggi Di Apotik Kimia Farma
24 November 2017 - 08:45:02 WIB

Terbukti Khasiatnya <<<>>> http://goo.gl/7L8Zg8
Cara Meningkatkan Nafsu Makan
24 November 2017 - 11:21:10 WIB
Terima kasih untuk sharing beritanya. Tetap semangat dan optimis! Salah sukses :)
https://lnkd.in/fPP6Cb8 | https://lnkd.in/gVe3hKa | https://lnkd.in/fxRSiU2 | https://lnkd.in/f2x6DrP | https://lnkd.in/fZJVx3H | https://goo.gl/BeQCKA |
Obat Kuping Bernanah Di Apotik Kimia Farma
24 November 2017 - 13:48:48 WIB
Terbukti, Sudah banyak Testimoni <<<>>> http://goo.gl/sg87De
Obat Asam Lambung Di Apotik Kimia Farma
25 November 2017 - 08:55:08 WIB
Terbukti Khasiatnya <<>> http://goo.gl/ceBjdm
Obat Penghilang Rasa Sakit Akibat Haid
25 November 2017 - 09:35:29 WIB
Bermanfaat dan kami tunggu update terbarunya https://goo.gl/KwFk1f http://bersihwanita.com/obat-penghilang-rasa-sakit-akibat- haid
Jelly Gamat QnC
25 November 2017 - 09:38:59 WIB
sebuah info yang sangat mutahir terimkasih :) dan selamat pagi selamat beraktivitas. http://blogmenit.com/jelly-gamat-qnc - http://blogmenit.com/walatra-gamat-emas-kapsul
Obat Bronkitis Di Apotik Kimia Farma
25 November 2017 - 14:21:47 WIB
Terbukti Ampuh Khasiatnya <<>>http://goo.gl/VReU1d
AwalKembali 123 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)